Rabu, 17 Juni 2009

BIOS DENGAN TAMPILAN GUI


BIOS singkatan dari Basic Input Output System, merupakan suatu sistem perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut :
  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

Melihat fungsinya bios merupakan perangkat yang paling penting pada sebuah Komputer, tetapi bios ini sangat jarang dikenali dan dijamah oleh user. Kenapa begitu ? Bisa jadi emang karena tampilan dari bios memang tidak friendly dan tergolong kaku, dan mungkin juga sebagian user menganggap bahwa bios ini tidaklah penting untuk di utak-atik. Contoh tampilan Bios :

bios-cli

Untuk mengatasi masalah ini, MSI memperkenalkan BIOS dengan sebutan “Click BIOS”, dengan menggunakan UEFI (Unified Extensible Firmware Interface). Bios ini sangat menarik karena menggunakan Graphical User Interface (GUI) dan bisa digunakan dengan Mouse sebagai media navigatornya. Bios ini juga dilengkapi dengan Multi Bahasa. Masih banyak kemudahan yang dihadirkan oleh Click Bios, antara lain memberikan dukungan konektivitas network, bisa instalasi aplikasi tambahan seperti Multimedia Player, Game, dan Update Online.

Nah untuk mencicipi Click Bios ini anda dapat menikmatinya pada Produk keluaran MSI seperti P45D3 Platinum, P45 Diamond dan P45 Platinum.

click-bios

Info : PC Mild Edisi 15/2008
Sumber : Micro Star Internati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar